Skip to content

Scheveningen van Java

16 Mei 2017

Beberapa waktu yang lalu, sebuah BUMN sebut saja PLN menawari sekolah dimana aku mengajar  untuk mensponsori kunjungan ke PLTU Tanjungjati B, Jepara. Penawaran yang sungguh menggiurkan dan amat sayang apabila ditolak. Alhasil, dewan guru segera membentuk panitia pelaksana dengan sasaran kelas XI MIPA dan IPS. Seperti kebanyakan kepanitiaan sepanjang tahun ini, kembali aku ditunjuk menjadi sie acara.

 

Aku lupa apakah dulu aku pernah ke Jepara ataukah belum. Namun seingatku pernah. Waktu itu sekira kelas V SD bersama almarhumah ibu. Piknik bersama rekan-rekan sejawat ibuku.

Berangkat dari kampus Al Azhar Jogja sekira pagi hari jam 08.00 WIB hari Ahad, 12 Maret 2017. Setelah melewati jalan dengan pemandangan yang indah di kiri-kanan, akhirnya sampai juga di destinasi pertama di Jepara. Yupz, Pantai Kartini.

Kawasan Pantai Kartini adalah lokasi strategis karena merupakan gerbang ke Karimunjawa via feri. Hanya saja, aku belum berkesempatan untuk menuju ke Karimunjawa. Semoga nanti ada kesempatan kesana mengajak anak istriku. Aku hanya berkesempatan untuk menyeberang hingga ke Pulau Panjang.

Hanya berjarak 15 menit menggunakan boat dari daratan Jepara, sampailah rombongan di Pulau Panjang. Pulau yang konon kabarnya terdapat makam seorang Syeikh yang sering diziarahi. Pulau ini menurutku hanya seluas satu RW dikampungku, Sadegan. Aku berjalan menyusuri Pulau Panjang yang memiliki hutan tropis, kurang lebih hanya 15 menit seluruh wilayah Pulau ini sudah aku jelajahi.

Kembali aku dan rombongan menyeberang ke Pulau Jawa area Jepara untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya, Pantai Bandengan. Dari pantai inilah, salah satu sebutan untuk Kota Jepara tercipta. Scheveningen van Java!

Menjelang kenaikan kelas di saat liburan pertama, Ny. Ovink Soer dan suaminya mengajak R.A. Kartini beserta adik-adiknya Roekmini dan Kardinah menikmati keindahan pantai Bandengan yang letaknya 7 km ke utara Kota Jepara, yaitu sebuah pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang memukau sebagaimana yang sering digambarkan lewat surat-suratnya kepada temannya Stella di negeri Belanda. RA Kartini dan kedua adiknya mengikuti Ny. Ovink Soer mencari kerang sambil berkejaran menghindari ombak, kepada RA Kartini ditanyakan apa nama pantai tersebut dan dijawab dengan singkat yaitu Pantai Bandengan. Kemudian Ny. Ovink Soer mengatakan bahwa di Holland pun ada sebuah pantai yang hampir sama dengan Bandengan namanya Klein Scheveningen secara spontan mendengar itu RA Kartini menyela kalau begitu kita sebut saja Pantai Bandengan ini dengan nama Klein Scheveningen. Sumber: Wikipedia.

Destinasi berikutnya: Museum Kartini. Letaknya persis berseberangan dengan alun-alun Jepara yang bersahaja. Aturan mainnya adalah tidak melebihi jam 5 sore. Akan tetapi, secara khusus pihak PLTU memesankan tiket malam hari kepada kami. Serasa di film Night at The Museum.

Selepas dari Museum Kartini, kami menuju penginapan untuk check in. Hotel berada di sekitar Pantai Kartini. Setelah cukup istirahat dan bersih-bersih, serta tentu saja sholat, murid-murid kami arahkan untuk keluar hotel dan diisi acara pentas seni masing-masing kelas. Meski hanya tiga kelas, namun sudah cukup seru dan heboh ketika penampilan. Perwakilan guru pun dipaksa murid-murid untuk maju. Aku, Pak Haji, dan pak Farihin maju menyumbang sebuah lagu. Sayang sekali, suaraku kali ini masih serak-serak basah akibat batuk berkepanjangan.

Hari berikutnya adalah harinya acara inti. Kami berkesempatan mengunjungi PLTU Tanjungjati B. Sangat keren sekali! Mulai dari gerbang masuk yang superketat, cerobong yang mirip vapor raksasa, hingga diarahkan ke jembatan jetty dimana bongkar batubara dari kapal terjadi. Aku yang pernah melakukan penelitian terhadap batubara PLTU saja, baru kali ini melihat batubara secara langsung. Soalnya dulu sudah dibawain sampelnya sama dosen pembimbing tercinta 🙂

Nih tentang PLTU Tanjungjati B:

PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B adalah pengelola pembangkit listrik tenaga uap yang berlokasi di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Visi dari PLN Pembagkitan Tanjung Jati B adalah menjadi pengelola pembangkit kelas dunia yang kompetitif dengan bertumpu pada potensi insani dengan salah satu misi mengoperasikan pembangkit dengan tata kelola yang excellent secara aman ramah dan peduli lingkungan. Dengan bahan bakar batubara pembangkit listrik tenaga uap ini menghasilkan kapasitas listrik dengan daya 4 x 710 MW Gross atau 4 x 660 MW Nett. Total kapasitas saat ini menyumbang sekitar 12% dari total kebutuhan listrik Jawa – Bali dan merupakan salah satu dari obyek vital nasional.

PLTU Tanjung Jati B menerapkan teknologi terbaru dalam menangani emisi pembakaran batubara yaitu dengan FGD ( Flue Gas Desulfurization ) teknologi ini menjadikan PLTU Tanjung Jati B mampu memanfaatkan keunggulan keekonomian batubara sebagai bahan bakar yang murah namun ramah bagi lingkungan. Sehingga tidak heran jika PLTU Tanjung Jati B menjadi salah satu PLTU terbaik dunia versi majalah Power Magazine.

PLTU Tanjung Jati B berhasil melakukan mengoptimalisasi pemanfaatan fly ash dan bottom ash sebesar 90% serta pengurangan 126.252 m2 konsumsi air demin setiap tahun. Dengan upaya tersebut PLN Tanjung Jati B berhasil meraih predikat proper hijau dari Kemeterian Lingkungan Hidup pada periode tahun 2013, 2014 dan 2015. Ini membuktikan bahwa PLTU dapat dikelola dengan ramah lingkungan dan menjadi standard pengelola pembangkit bagi PLN.

Pencapaian tersebut merupakan hasil implementasi peogram E- Green PLTU Tanjung Jati B yang dicanangkan tahun 2012 dalam mencapai wolrd class services di tahun 2017 melalui program 5E ( Efficient Process, Excellent Performance, Elegant Atmosphere, Empowering Community, Establishing High Trust Culture ) Sehingga di tahun 2017 PLN Tanjung Jati B diharapkan mampu meraih proper emas.

Keren banget kan!

IMG-20170219-WA0036IMG-20170219-WA0037IMG-20170219-WA0045IMG-20170222-WA0009

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: