Lanjut ke konten

Coretan Seorang Mahasiswa

1 Oktober 2010

Hmmm…Kepengen juga ma temen-temen yang sering bikin note di fesbuk. Dari pengen-pengenan itu jadi deh nih note aku tag ke temen-temen semua. Gak begitu penting sih, tapi karena gak pentingnya aku yakin kalau temen-temen lebih banyak ingatnya..

Note ini terinspirasi dari kuliah perdana Prof. Dr. Hj. Nurfina Aznam, SU., Apt. Kalau temen-temen satu kelas ma aku mungkin masih agak ingat-ingat lupa. Ya ya ya, aku ingatkan lewat note ini aja.

Tips yang mau aku bagi ke temen-temen yaitu seputar belajar di kelas. Yup, lebih tepatnya bagaimana biar kita bisa sukses di kelas. Ada beberapa poin yang aku catat dari kuliah perdana ibu PR I UNY. Let’s cekidot !

  1. Jiwa, raga, pikiran ada di satu tempat. Ya di dalem kelas tentunya. Coba bayangkan kalau raga kita di kelas, depan sendiri lagi, tapi pikiran kita ada di Cinema XXI misalnya, padahal yang lagi dibahas di kelas adalah Bohr’s Atomic Theory, bukan Sang Pencerah.
  2. Jelas sebelum keluar kelas. Pokoknya materi yang kita pelajari di dalam kelas harus udah masuk ke otak kita yah minimal 98 % lah. Tanya temen/guru/dosen sblm keluar kelas adalah solusi terbaik.
  3. Beri tanda-tanda.Poin ini lebih spesifik biar sukses ujian. Maksudnya gini, kita harus jeli dengan sesuatu yang sering dibahas ma dosen/guru, yang pas disampaikan agak ada penekanan. kita kasih tanda-tanda tuh di catatan atau buku kita. Survey membuktikan itu banyak yang keluar di ujian.
  4. Tahu gaya belajar. Gaya belajar menurut faiz tu sikap dan kondisi yang menyertai kita ketika belajar. Kita harus tahu persis bagaimana sikap dan kondisi sekitar kita yang nyaman untuk belajar. Misalnya aja faiz gaya belajarnya sambil tidur, ya berarti jangan belajar sambil lari-lari. (gimana coba belajar sambil tidur????)
  5. Tahu tipe mata kuliah/mata pelajaran. Kalau kuliah/pelajaran tipenya banyak ngitung , ya kita harus rajin-rajin berhitung. Biar mudah ngitungnya, di depan angka dikasih Rp ya !!!
  6. Jangan menunda. Nah ini nih, salah satu penyakit kronis yang banyak menyerang sebagian besar dari kita. Faiz sih enggak..hehehehe
  7. Doa. Temen-temen pastinya bisa menafsirkan sendiri lah poin terakhir ini. Doa gak cuma dari kita sendiri lho, bisa dari teman, mulai dari teman biasa nyampe yang spesial, bisa juga dari orang tua (kalau yang ini super duper penting, cz kata bang haji ridho Allah itu tergantung ridho orang tua kita)

Sepertinya itu aja yang bisa aku share ke temen-temen. Selamat mencoba. Semoga sukses, kawan.Tips

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: